petualangan di negri gajah day1


gw sangat berniat buat membagikan pengalaman traveling ke negri gajah aka Thailand untuk pertama kali nya.. dan bisa dibilang first time juga jadi solo traveller karna cuma pergi berdua nyokap yang mesti gw tenteng ke sana ke mari :p
lama pulaaakkk, 10 hari boookkkk…
dalam rangka apa? ga ada spesial occasion sih..
cuma mau ngabisin jatah cuti 2011 yang bentar lagi angus en juga buang2 duit yang sudah terlalu banyak di bank.. wkwkwkwkwk *dont take yang ini so serious ya :p
so based on dua alasan itu, gw jadi pengen cerita dan juga karena banyak ceritanya 😀

plan awal dengan segala pertimbangan nya adalah begini : gw bakal travelling ke phuket dulu, main2 air dan ga pake belanja2 dulu karena nanti kalo pindah2, berat narik2 kopernya..
setelah dari phuket baru deh langsung ke bangkok buat shopping 😀
dan 1 hari sebelum pulang, gw akan pergi ke pattaya..
ke pattaya cuma karna yang gw tau si nyokap pengen nonton bencong2 show itu.. lagian kalo ke thailand tapi belom liat bencong show, kurang gimanaaa gitu :p
kalo bencong nya sendiri sih bertebaran dimana2 :p
kenapa pattaya gw taro di terakhir adalah karena pattaya itu ada di timur airport jadi rutenya adalah dari erpot ke baraaattt trus center lalu timur dan pulang 😀

so here we go..
*sekilas info : kisah ini ditulis secara langsung dari atas pesawat dari bangkok menuju jakarta, so very very vey veryyyyy fresshhhh from th oven #noraks#
selamat menikmati 😀

day 1 : jakarta > bangkok
senin 27 februari adalah hari pertama gw cuti dari kantor..
tadinya gw masi mesti masuk buat over handle kerjaan2 gw..
tapi dari hari kamis minggu sebelumnya, gw kena dinas kenegaraan alias kudu berkunjung ke salah satu client di bandung [h*rris hotel]
so mau ga mau dari hari rabu juga, gw uda kudu over handle kerjaan gw ke junior2 gw tersayang..
dan lagi walaupun flight nya sore, gw masih sangat sibuk memang paginya buat urus aiueo nya karena ini liburan yang memang sangat mendadak dan tidak terencana pun tidak terorganisir dengan baik *blehh bahasanya berat :p
sebenernya yang awalnya membulatkan niat gw buat ga ngantor hari senen adalah karena walaupun gw ngantor setengah hari tapi tetep dipotong cuti #regulasi macam apa itu# ~_~
so untung lah gw decided buat ga ngantor, kalo ga bisa makin berantakan aja nih liburan..
karna dari pagi gw masi sibuk urus konfirmasi booking hotel lah, booking show yang mau gw datengin lah, etc..
walaupun dateng ke airport tetep kepagian sih buat jaga2 kena macet yang sangat tidak bisa diprediksi di ibukota jakarta yang kejam ini..
huehuehuehehe jadi curcol gini :p

kembali lagi ke topik utama 😀
gw naik pesawat yang murmer dan terpercaya, yaitu AirAsia.. dibooking sekitar 1 bulan sebelumnya dengan ongkos 1.6jt kurang lebih buat PP..
pesawat berangkat sekitar jam 5 sore dan sampai di suvarnabhumi airport bangkok sekitar pukul 8..
ada kasus sih pas uda masuk dalam pesawat, koper gw kegedean ternyata :p
padahal gw ud ngukur pake penggaris ukuran koper gw, semua masih sesuai kok..
akhirnya koper gw ditahan sama pramugarinya dan gw pasrah..
uda mikir bakalan bayar dehhh klo bgini caranya ~_~

nyampe di erpot bangkok seperti orang indonesia norak pada umumnya.. saya takjub melihat erpotnya yang beda jauh sama indo :p
ya bersihnya, ya teraturnya, ya strukturnya, ya design interiornya, dan ya ya ya lainnya..
pikiran yang selalu datang tiap kali ke negri orang, “kapan ya indo bisa kaya gini juga?”
temen gw cerita kalau thailand tuh dulu entah berapa tahun yang lalu, soal infrastruktur kota, tingkat perekonomian, dlsb ada di bawah indo posisinya..
tapi dalam waktu kurang dari 10 tahun, sekarang posisinya ada di atas indo jauh..

awalnya nyari baggage claim aja agak bingung..
jauh bener dari tempat gw turun dari pesawat..
ke sana karena pas gw tanya si pramugari, koper gw dimasukin bagasi 😀
dan sukurnya it’s for free.. yihiii seneng gitu sama yang gratisan :p
setelah urus dokumen pun gw masih agak bingung nyari pintu keluarnya dimana..
meratiin en ngikuitin orang2 aja, entahlah kemana mereka pergi membawa diriku :p
trus gw langsung beli nomor lokal di sana, sim card 49THB dan buat bb-an slama 10hari gw di sana, gw topup 300THB..
kalo ga salah paket bbm nya 3 hr = 60THB ditambah 7 hr = 170THB
en dengan informasi minim yang gw punya, gw berencana ke daerah khaosan road..
gw pilih ni area karena 3 alasan :
1. gw liat di map, ni area lumayan deket sama southern bus terminal atau yang lebih sering disebut orang sana dengan nama sai tai mai
hari pertama ini memang cuma gw jadiin sebagai tempat transit, mengingat gw sampe di bangkok nya aja uda malem..
awalnya malah gw berencana mau langsung capcus ke phuket dari erpot.. tapi apa daya, uda terlalu malam buat ngejar bus terakhir yang berangkat dari saitaimai ke phuket..
2. gw ketemu informasi kalau area ini juga bisa dicapai dengan airport express bus
jadi ya gw pikir so simple..
3. sekitar area ini banyak tempat wisatanya, kaya wat pho, grand palace, etc

ada alasan lain sih yaitu refrensi temen gw @luvmickeymouse aka febrina sebayang 😀
tapi informasi lain yang gw dapet H-2 sebelum gw berangkat dari temen gw yang pernah lama stay di thai adalah kalo khaosan road itu red light district..
gw yang “what?!?!?! are you serious??”
gw sendiri baru tau maksudnya red district tu apaan setelah gw gugling.. jadi kaya daerah2 tempat prostitusi gitu deh..
kalo ga ngerti, cobalah ke daerah kota kalo malem..
nanti kalian bakal tau :p
terus gw tanya informan pertama gw si feb, apa iya tempatnya kek gitu? dan dia jawab “iya” tapi biasa aja..
temen gw yang pernah stay di thai bilangnya bahkan gw perlu bawa cowo klo ke area situ..

dengan input 2 orang itu, gw ubah sedikit plan gw..
tadinya setelah dari phuket, gw berencana balik lagi ke khaosan dan nginep di hotel yang sama..
dengan pertimbangan hotelnya juga murah :p
so plan yang ini gw ganti, gw ttep take risk buat nginep hari pertama di khaosan tapi setelah dari phuket, gw ga balik ke sana..

tapi begitu urusan2 dokumen dan bagasi kelar..
gw cari tuh dimana yang namanya airport express bus..
gw dapet info buat ke khaosan dari terminal, cukup dengan nail bus itu yang nomornya AE2
tapiiiiiiiiiiiiii setelah jalan sana sini, tanya sono sini ke orang2 lokal yang kerja di erpot..
ga ada satupun yang tau, darimana gw mesti naek itu bus ~_~
nanya satpam, nanya yang jual nomer lokal, nanya informasi, hasilnya nol ~_~
gw ga sempet naik ke lantai2 yang di atas sih karena kepikir si nyokap kesian kalo diajak jalan2 ditinggal sendirian juga ya gimana..

mana nyari signal wifi buat nyari inpo tapi ga dapet2..
pake bb tapi koneksinya jelek banget, walaupun gw uda beli nomor lokal..
setelah skitar hampir sejam dan rada hopeless..
gw putuskan buat naik taxi, daripada tambah malem en tambah ga jelas..
sebenernya sih ada option lainnya, yaitu bisa naik ARL [airport rail link *kalo ga salah] dari airport tapi ga langsung sampe di khaosan, jadi drpd mesti naik taxi lagi so sama aja pikir gw..

taxi sampai di khaosan area tapi supirnya ga tau pasti hotel gw di sebelah mana :p
fare taxi dari airport ke khaosan sekitar 250THB dan ditambah uang tol 70-80THB en airport tax buat ngambil taxi di airport 50THB
awalnya gw mau diturunin di depan hotel sawasdee khaosan inn
tapi gw bilang hotel gw bukan yang ini, trus akhirnya dia belok dan di perempatan ada polisi, gw akhirnya turun..
kata supir taxi nya, kemungkinan hotel gw ada di sepanjang jalan khaosan which is kalo malem, ga ada mobil yang bisa lewat, jadi gw kudu jalan kaki gitu maksudnya..
setelah nanya2 polisi, akhirnya gw menelusuri jalan khaosan..
tu jalanan sebenernya lumayan gede, tapi kalo malem jadi kaya pasar malam dan pemandangannya mirip sama legian di bali..
full sama bar, banyak macam bule ada di sana.. mulai dari yang sadar, sampe ga sadar karna lagi mabok..
dengan nge-gerek koper yang segede gaban, untunggggg aja kopernya enteng 😀
sampai di ujung jalan khaosan, ada pos polisi lagi dan disitulah gw dapet petunjuk yang jelas dengan keberadaan hotel gw..

en ternyata gw kembali lagi ke titik dimana si supir taxi mau nurunin gw pertama kali..
heyaaaa cape dee… meskipun emang bener bukan itu hotel gw, tapi ternyata hotel gw tu ada di sebrang hotel, di satu blok yang berbeda…

ada yang lucu dengan pengalaman gw ngobrol sama si supir taxi..
ni supir taxi ngomong inggrisnya “little2 I can lah” istilahnya.. hehehehe
jadi waktu dia cerita en mau bilang :
• “jalan2” > “walking2”
• “liat2” > “looking2”
• “sama aja” > “same2”
hihihihihi lucu juga jadinya, untung inggris gw jg ngepas, jadi ya I know what you mean lah :p
trus satu bahasa thailand yang gw pelajari adalah sawasdee bacanya sawadi dan artinya halo
kalo datang ke thailand, pasti bakal banyak banget ketemu tulisa ini dan pada ngomong gini buat greeting

sekitar pukul stg11 malam akhirnya gw sampai juga di hotel..
banyak bener hotel yang depannya “sawasdee”..
ternyata emang kaya chain hotel gitu deh di thailand..
ada yang namany sawasdee khaosan road, sawasdee smile inn, sawasdee apa ya nama hotel gw :p
pokoknya sawasdee deh.. hehehehe
dan kesan pertama yang gw dapat adalah resepsionisnya makeup tebel tapi muka jutek..
mana gw sebelumnya nanya ke tetangga nya hotel gw yang sama2 sawasdee, dijawabnya juga ga ramah ~_~
dannnn lagi, kamarnya bapuk banget ~_~
tidak seperti yang terlihat di website T_T
bersih sih, cuma gedungnya uda tua dan kurang terawat, jadi kesannya rada buluk..
cuma untuk tidur 1 malem ya okelah ya..

abis mandi en beberes, si nyokap malah gatel pengen balik lagi khaosan road buat liat2..
entahlah apa yang diliat, bule mabok kah, bule mesum kah, ato blanjaan yang dijual di sana?
karna di situ tumpah segala macem, ada yang jual buah, ada yang jual minuman, ada yang jual baju, ada yg jual makanan, ada bar, ada tukang pijit khas thai yang numplek di pinggir jalan dan yang paling mencolok adalah di thailand yang namanya sevel itu kaya jamur, dimana-mana pasti ada :p

akhirnya beli makanan yang namanya padthai..
entahlah itu semacam mie goreng menurut gw, cuma bedanya model mie nya macem2 dan rice noodle mereka bilangnya..
trus sambil cuci2 mata liat baju2, si nyokap sih uda gatel pengen belanja.. tapi gw larang..
gw bukannya ga ngasi dia mau belanja. tapi kalo baru sampe aja uda belanja, tu koper bebannya bakal nambah..
sementara perjalanan masih panjang..
jadi blon waktunya belanja yah mamah, sing sabar yo :p
berakhirlah hari pertama gw di thai, kita balik ke hotel abis makan trus tidur deehhhh….

Leave a Reply

