i’m weak but He’s strong


tema di KKR yang sabtu kemarin gw hadirin bersama anak gw 🙂
awalnya aga ragu buat dateng, abis video clip yg dimunculin itu soal LUST..
gw berasa gw lagi ga bermasalah or bergumul sama yg namanya LUST.. hehehe
untung gw ga sok hebat, gw tetep dateng karena di sisi lain gw berniat spent time bareng sama anak gw..
hal yang uda lama banget ga gw kerjain bareng sama dia..

ada kejadian yang cukup lucu sih.. malem sebelumnya lagi smsan ama anak gw, uda saling ingetin supaya jangan kesiangan cause acaranya lumayan pagi, jam 9, en gw janjian berangkat jam8 sama dia..
besokkannya jam stengah 8 lewat dy sms suruh nungguin dia karena dia baru bangun, parahnya gw malah jam 8 baru melek.. wkwkwkwk
ngebut sono sini, untungnya ga telat sampe di tempat youth conference nya..

ga nyesel banget dateng ke acara itu.. speakernya hari itu Rev. Bill Crowder mengupas soal pribadi King Joseph yg bisa jadi teladan buat hidup anak-anak muda.. Dia juga kasih comparison nya antara jaman hidup di kala Daud dan jaman sekarang.. en I got, heyyy ga jauh beda loohhh..
so gw mau coba review apa yang gw dapet di sini.. hope bisa berkatin kalian yang baca 🙂

hal yang paling nge-rhema di sini buat gw adalah waktu si speaker berulang-ulang bilang, sadari klo kita itu lemah..
kenapa bisa lemah? ya karena kita juga masih nempel sama yang namanya flesh ..
kenapa harus sadar klo kita lemah? kalo kita ga sadar, kita akan ngerasa kuat ato minimal ngerasa cukup kuat buat jalanin hidup ini tanpa Tuhan..
Yes, ok di mulut bilangnya gw berserah penuh, tapi tanpa kita sadari kita masih pegang kendali atas hidup kita en ga serahin semua sama Tuhan.. (bahas ini jadi inget ilustrasi speaker minggu lalu juga, i’ll write in another posting)
banyak bukti yang kasih liat kalo orang yang ngerasa dirinya cukup kuat, akan dengan mudah nya jatuh ke bawah..
banyak cerita soal raja-raja yg dipilih sama Tuhan bahkan tertulis punya catatan hidup yang bagus, pernah jatuh juga..
why?? Rev. Bill said it’s because they lean on their own strength..
dia kasih contoh soal Raja Daud, Raja Salomo en Samson, sebagai orang-orang yg dipilih Tuhan tapi pernah jatuh ke dalam dosa yang namanya perzinahan.. yang masalah ini banyak banget di gumulin sama anak-anak muda hari ini..

Trus Rev. Bill ajak kita belajar dari hidup Yusuf :

  1. THE POWER OF TESTIMONY
    dari kitab genesis 39 verse 2 dibilang “The Lord was with Joseph
    semua kita tau, yg namanya Immanuel itu artinya Tuhan beserta kita.. sering kita denger kalau Tuhan setia selalu ada bersama kita TAPI kalau dibalik, apakah kita setia sama Tuhan? apakah kita selalu jalan bersama Tuhan setiap hari? I don’t think so.. cus gw sendiri juga lagi belajar buat hal itu.. en ga gampang..
    padahal ini jadi kunci utamanya, hubungan yg intim sama BABE kita.. Yusuf tau betul arti hidup nya ga bisa apa2 tanpa Tuhan bersama dia, makanya yusuf punya hubungan yg intim sama Tuhan.. menurut gw, bang ucup punya kunci atas semua masalah atau apapun yg terjadi sama hidup ~ intim sama BABE..

    bahkan di ayat berikutnya dibilang, Om Pot yg saat itu mungkin ga kenal siapa Tuhan.. tapi bisa mengakui kalau Tuhannya bang ucup itu exist saat liat hidup bang ucup.. inget banget gw si Rev. Bill balik nanya, gimana dengan hidup kita, seberapa nyata Tuhan dalam hidup kita? Can anyone else see it?
    yusuf pada akhirnya diberi kepercayaan besar sama om pot, bukan karena yusuf yang hebat, berkali-kali ditekenin kalo bang ucup cuma slave tapi karena presence of God dalam hidup bang ucup makanya Tuhan mampu angkat dia dari yg NOTHING jadi SOMETHING..

  2. THE POWER OF TEMPTATION
    kenapa sebuah temptation bisa punya power? jawabannya BISA.. orang2 yg hidupnya dekat sama Tuhan, melihat temptation adalah kesempatan buat mereka membuktikan iman mereka sama Tuhan..

    bang ucup membangun keintiman sama Tuhan day by day, BUKAN cuma saat temptation datang doank.. banyak kita justru terbalik, kita baru inget buat intim sama Tuhan waktu masalah datang.. tapi bang ucup bangun keintiman sama Tuhan dari hari ke hari, mau ada masalah apa ngga, dia tetap hidup dekat sama Tuhan.. till one day temptation itu datang, dia uda siap..

 

trus speakernya noticed gimana cara bang ucup bisa mempertahankan purity nya saat dihadapkan dengan tante pot yg mungkin kala itu memasuki masa puber kedua.. hehehehehehe

  1. have proper concerns in proper areas (verse 9)
    His concerns are both ETHICAL n SPIRITUAL..
    waktu tante pot ngajak “bobo” bareng, bang ucup langsung inget sama bos nya yaitu om pot dan yang paling penting dia langsung “eling” (sadar.red); gimana hubungannya sama Tuhan kalau dia iya-in tawarannya tante pot..

    gw rasa hal ini bisa diaplikasikan ke banyak hal dalam hidup kita, whether di sekolah, tempat kerja, rumah, bahkan di gereja.. kita sering berpikir kalau ada kesempatan emas, en ditambah bumbu-bumbu mikir ga ada yang tahu/ga ada yang liat.. why not?? di sekolah kita nyontek, di kantor kita korupsi, pacaran pake gaya bebas, dll

    belajar buat punya concern yang benar seperti bang ucup yuu mulai hari ini.. di perjanjian baru juga Tuhan Yesus punya karakter yang sama bahkan rasul Paulus ngajak kita buat mikirin kepentingan orang lain di atas kepentingan diri sendiri..

  2. alertly avoid contact with her (verse 10)
    be alert, avoid opportunity..
    gitu yg si speaker bilang..
    opportunity di sini bicara soal kesempatan buat kita jatuh dalam dosa..
    mungkin terlihat jadi sebuah “escape” tapi bicara soal LUST mungkin lari malah jadi salah satu jalan yang bijak!!
    Rev. Bill malah sampe bilang “when all else fails, just RUN!!” (verse 13)

    dengan siapa kita berteman akan menentukan hidup kita ke depan.. sumtimes alibi kita memang kedengerannya positif, kita mau membawa pengaruh yang baik buat org lain.. yes ini ga salah tapi bukan berarti kita hidup dengan mereka tanpa memiliki komunitas yang benar juga.. yang ada, seperti yang uda-uda, banyak anak Tuhan yang pake alibi itu pada awalnya, malah ketarik sama orang yang pengen diberi pengaruh.. karena saat iblis berhasil menyusup trus bikin motivasi kita mulai melenceng, dasar kita mulai salah, dan saat kita berpikir kita cukup kuat..
    hey u r wrong!!! u r weak.. yg strong itu BABE..

point terakhir ini jadi penguatan buat gw pribadi.. gw inget banget waktu gw puber en hampir jatuh lebih dalam sama yang namanya dosa kekudusan, gw juga banyak ngikutin taktik en strategi nya si bang ucup..
even akhirnya si bang ucup masuk penjara gara-gara melarikan diri dari tante pot tapi yang terpenting dia ga merusak citra nya di hadapan Tuhan.. en gw merasakan hal yang sama, saat gw ambil sikap extreme buat LARI, gw jadi bisa dibilang dibenci sama “tante pot” saat gw kekeuh buat lari..
karena gw uda coba berkali-kali buat “lari di tempat” karena gw ngerasa kuat buat menghindari dosa.. tapi gw salah..
sampai di satu titik, Tuhan nuntun gw belajar dari hidup bang ucup..
dan sama seperti bang ucup yang hidup di negri orang sendirian, tanpa ada keluarga nya di sana atau siapapun yg bisa support dia atau bantuin dia saat ada masalah, gw juga ngalamin hal yang sama.. waktu gw bergumul, gw juga sendiri.. saat itu gw sadar gw lemah, gw cuma bisa ngandalin Tuhan lah.. gw akhir nya bisa menang dari pergumulan gw.. meskipun kalo gw cerita ke orang2, rasanya gampang banget buat gw melakukannya.. sekali lagi gw bilang ngga, gw bergumul banget buat keluar dari jebakan iblis yg uda gw masukkin..
while write this, gw baru kepikir apa yang membuat gw akhirnya bisa ekstrim ambil keputusan.. besides itu kerjaannya Holy Spirit well kalo gw pikir sama hal nya kaya bang ucup, dia menuai kekuatan Tuhan dari hasil taburannya dari hari ke hari ~ the power of testimony

hope bisa jadi pembelajaran yg baik juga ya buat kalian semua..
jangan takut ditinggal sama manusia daripada kita ditinggal sama Tuhan.. bless you

2 thoughts on “i’m weak but He’s strong

Leave a Reply

