mulai dari yang kecil


hari ini ibadah just feel nothing.. ga tau kenapa.. ga ada yang salah sama service nya..
tapi emang ada yang ga beres sama gw nya..
tadi pagi pas bangun aja sebenernya aga males buat dateng ke greja..
selain badan gw rada masih capek, kepala juga aga pusing sih..
cuma gw pikir gw masih bisa berangkat kalo dipaksain sebenernya, bukan karena bener-bener ga bisa dateng..
so sebenernya ini cuma malesnya gw aja..

pas pray n worship bener-bener feel empty.. gw sampe ga konsen gara-gara di kepala gw nge-blank banget..
awal-awal gw masih yang “Lord, puasin gw donk.. masa gw ga ngerasain apa2 sichhh?!?!?!”
trus muncul another things.. “hey, ganti fokus lo.. jangan cuma nyari untung diri sendiri.. just praise n worship HIM”
so gw coba walopun masih susah banget, ga semangat abis gw..

sampai akhirnya si speaker dateng.. overall two thumbs up buat si Julius..
baru kali ini gw no kritik buat dia, karena kotbahnya hari ini ga kaya dulu yang suka kasih ilustrasi yang “nyeleneh” nya terlalu jauh.. walopun masih suka ketawa heboh sendiri di depan en rada garing buat gw.. hehehehe
but overall you are okay, bro 😉
point yang cukup gw suka yaitu waktu dia bilang kalo kadang kita malah melupakan hal-hal kecil buat dikerjain, yang justru itu adalah A BIG THING buat orang lain.. I love that 🙂

gw jadi inget belakangan setiap naik bus banyak ngalamin yang ga enak sebenernya..
lumayan nyangkut sih soal statement tadi itu.. gw ngeliat banyak orang hidup terlalu cuek..
ga ada lagi tolerance, ga ada lagi kepedulian.. semua berpusat ke hidup orang itu sendiri, yang lain ya ke laut aje..
bukannya mau menghakimi, cuma buat gw pribadi yang di kepala gw tuh langsung “ya ampun…”
jadi waktu itu gw duduk di bus, di seat yang paling belakang.. bus nya lumayan penuh.. jadi duduk pepet-pepetan..
gw duduk kedua dari tempat paling pojok di kanan.. jadi sebelah gw masih ada satu cewe gitu..
gw ngerasa gw duduk di pepet dari yang sebelah kiri, tapi cukup dimaklumi karena emang sempit..
tapi cewe yang di sebelah kanan gw kaya ga bergeser sedikitpun..
gw liat di pojok kanannya itu kaya masih ada sedikit space, dalam hati gw “kenapa ni cewe ga geseran dikit ya?”
yah gw coba mikir positif, maybe dy tipikal cewe yang pinggulnya gede.. jadi space itu sbenernya space buat pinggulnya itu..
waktu penumpangnya mulai tambah dikit gw akhirnya pindah, duduk ke kursi di depan gw yang masih kosong..
karena gw masih penasaran, gw masih nyolong-nyolong ngeliat sebenernya tu space dipake buat apa..
n u know what??? ternyata space di pojokkan dipake buat naro tas kecil yang dia bawa..
gubrag ga seh??? orang sempit-sempitan, uda coba geser-geseran en dia ga bergerak sedikitpun karena dia lebih memberi tempat buat tas jinjingnya daripada space buat orang duduk..

en another case masih di dalam bus.. gw berdiri kali itu di dalem bus karena ga dapet seat..
seperti biasa bus sore itu sesak banget.. waktu penumpangnya mulai berkurang tapi bus nya masih penuh..
penumpang yang berdiri di dalam bus kan biasanya diri vertikal jadi diri saling membelakangi, tujuannya biar penumpang yang himpit-himpitan di dekat pintu bisa masuk ke dalam en ga makan tempat juga pastinya..
tapi lagi-lagi ada seorang cewe yang malah dengan cueknya diri horizontal, mendapatkan tempat paling nyaman cuma sedikit mengganggu orang lain sebenernya.. padahal uda kesenggol-senggol sama gw karena gw sendiri ke dorong-dorong ama yang lain.. cuma dia yang masih stand still “bodo amat” gitu..

gara-gara kalimat yang diucapin sama si Jul itu, gw langsung inget 2 cerita itu..
dia bilang banyak orang berangan-angan bisa buat hal besar.. tapi ga pernah mau mulai melakukannya dari hal yang kecil.. jelas dibilang setia dulu melakukan yang kecil baru dikasih kepercayaan buat hal besar..
bahkan si Jul bilang maybe yang dibutuhin dunia salah satunya ya waktu kita mulai saling memperhatikan orang lain dari hal-hal kecil.. I agree with that 🙂
dia sempet share soal ilustrasi yang gw suka juga sih waktu di retreat kemarin..
jadi ada dulu di sebuah pertandingan buat penyandang orang-orang cacat berkursi roda..
hari itu pertandingan diikuti oleh 8 penyandang cacat di sebuah lintasan lari..
yap mereka berlari bukan dengan kaki mereka sendiri tapi dengan bantuan kursi roda..
ketika pertandingan dimulai dan peserta sampai di pertengahan track menuju garis finish..
salah satu peserta tergelincir dan terjatuh.. dia terhempas dari kursi rodanya dan ga mampu buat kembali ke kursi rodanya sendiri karena sekujur tubuhnya penuh dengan luka..
sementara peserta yang lain berada di depan peserta yang jatuh tersebut..
tapi hari itu sejarah mencatat bahwa di dalam pertandingan hari itu ada 8 peserta yang memenangkan perlombaan..
Koq bisa??? atau mungkin sebagian dari kita uda bisa nebak apa yang terjadi..
yap, ketika terdengar suara yang keras.. suara yang terdengar akibat kursi roda yang berguling dan peserta yang jatuh..
peserta lain yang tadinya sedang berusaha dengan keras mencapai garis finish, sesaat menoleh ke belakang dan melihat peserta yang jatuh tersebut.. dan mereka memutar kembali arah kursi roda mereka ke arah yang berlawanan dari garis finish.. mereka memutar kursi roda mereka menghampiri peserta yang jatuh tersebut dan membantu peserta itu duduk kembali ke kursi rodanya.. lalu mereka bersama-sama memutar kursi roda mereka menuju garis finish..
seandainya kita bisa belajar dari mereka…

then ada hal terakhir yang mau gw share.. jadi pas selesai kotbah.. kan ada doa penutup gitu..
while Jul berdoa di depan en sempet brenti bentar tapi musik tetep main..
tiba-tiba gw dikasih liat suatu track lurus ke depan.. jauh di ujung garis ada sebuah banner penanda garis “finish”
en yang baru tadi sore gw sadarin, di track itu sama sekali ga ada pelari nya.. KENAPA?????
gw sendiri blom tau pastinya kenapa.. cuma yang gw inget waktu dikasih impresi kaya gitu gw nangis..
en tanpa gw sadari gw bersyafaat sendiri.. ngalir tu air mata sambil minta God buat jagain anak-anak muda biar bisa jalan di track-NYA.. biar mereka bisa sampe di garis finish.. genapin panggilan mereka masing-masing..
parah gw nangis, gw ga ngerti kenapa.. tiba-tiba mulut gw terus berdoa “save this generation, Lord”
hal yang masih gw tanya-tanya dalam diri gw.. “ada apa sebenernya?!?!”
kenapa tiba-tiba gw berdoa kaya gitu.. I still don’t know why ~___~

any comments????

17 thoughts on “mulai dari yang kecil

  1. it’s a cry of your heart originally anyway, menurut gw, cewe2 angkot ga ada hubungannya selaen alat ilustrasi. menurut gw itu track ga ada pelari nya karna it’s your race. ada ayatnya somewhere kan, you know this better than i do. let us run the race etc etc. di ujung itu ayat paulus ga bilang “jangan sampe kita kalah”, instead he said “jangan sampe gw get disqualified.” so relating ke vision lu, menurut gw, it’s not about winning or losing. you can’t lose, orang pelari nya cuma lu sendiri. but you can get disqualified, if you don’t run this race or you run it melanggar aturan. n i don’t think i even need to tell you what i think your “race” is.

  2. yep.. gw jg sering tu nemuin cth2 kecil kaya gt.. hal2 yg disepelein org, tp sbnr nya itu praktek dr, apakah kita egois mikirin diri kita ndiri, ato mikirin kepentingan n kenyamanan org lain jg?? like we always said “KASIH”.. it’s not just about helping people when disaster come, but in every way u act..
    Well, tp biasanya gw coba mikir positif nya aja si.. maybe tu org lagi sakit, jadi males geser.. u know lah, how ce kalo lagi sakit.. yg penting dia uda posisi nyaman, ga mo geser2 lagi.. walopun terkadang gw brasa suka keterlaluan..
    Yah, bljr buat ga nuntut org lain terlalu byk lah.. mule dr diri ndiri aja dulu.. krn kita yg uda nyadar duluan jg..

    • iya.. gud comment –> jangan banyak nuntut!!! hehehehehehehe
      lagi susah juga sih klo mau dituntut, tho kadang mereka sendiri ga sadar klo sikap mereka sedikit menyusahkan orang lain 😀

      well di sini gw mau share juga klo apa yang gw bilang ama lo abis gw afirmasi ke diri gw sendiri pas pagi nya.. hehehehehehehe

Leave a Reply

